Jangan Panik! Lakukan 6 Hal Ini Saat Terjadi Overheat Mobil

Overheat adalah sebuah istilah dimana mobil mengalami kondisi suhu yang sangat tinggi. Overheat mobil mungkin saja terjadi. Apalagi saat Anda melakukan perjalanan jauh.

Hal lain yang mungkin menjadi permasalahan overheat mobil adalah sistem pendingin mobil yang sedang mengalami masalah. Jangan memaksakan mobil terus melaju saat hal ini terjadi. Karena bisa berakibat fatal pada kendaraan Anda.

menangani mobil overheat

Cara Mudah Menangani Mobil Overheat

Jika overheat terjadi, sebaiknya Anda tidak perlu panik dulu. Ada beberapa cara menangani mobil overheat yang bisa dilakukan sendiri.

Berhenti dulu

Jika melihat adanya tanda-tanda mobil overheat, sebaiknya segera berhenti dulu. Cari lokasi pinggir jalan yang aman.

Berhenti sebelum suhu mobil semakin meningkat, akan mengurangi kerusakan mesin mobil

Buka kap mobil

Setelah mobil berhenti, segera buka kap mobil Anda. Biar mobil mengeluarkan suhu panasnya secara perlahan. Biarkan kap terbuka hingga beberapa saat.

Jangan membuka tutup radiator

Untuk menangani mobil overheat, Anda harus melakukan pengecekan pada radiator. Namun, jangan langsung membukanya pada saat suhu mesin mobil sedang panas-panasnya. Karena itu dapat membahayakan Anda sendiri.

Cek air radiator

Setiap radiator memiliki cadangan air. Jika cadangan air dalam radiator menurun, ini akan membuat suhu mesin yang tinggi lambat menurun. Karena itu, jika terjadi overheat dan cadangan air berkurang, segera isi kembali. Anda bisa menggunakan air untuk radiator atau coolant.

Cek sistem pendingin

Overheat juga bisa disebabkan terjadinya kebocoran pada sistem pendingin mesin. Ada baiknya, untuk melakukan pengecekan pada radiator, kepala silinder dan blok mesin.

Lakukan perawatan

Layaknya tubuh manusia, mesin kendaraan pun membutuhkan perawatan. Ini untuk menjaga agar kondisi mesin dan mobil sendiri bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Performanya juga selalu terjaga dan lancar setiap kali digunakan. Overheat juga bisa dihindari, jika sebelum perjalanan melakukan pengecekan terlebih dahulu

Dengan mengetahui cara mengetahui overheat mobil di atas, diharapkan Anda tidak terlalu panik lagi saat hal ini terjadi. Ikuti saja langkah-langkah di atas terlebih dahulu.

Demikian cara menangani mobil overheat. Semoga bermanfaat.