Risiko dan Biaya Operasi Ganti Bonggol Pinggul yang Perlu Di Pertimbangkan Pasien

biaya operasi ganti bonggol pinggul

Operasi ganti bonggol pinggul di anggap sebagai salah satu terobosan di dunia kesehatan. Operasi ini termasuk salah satu jenis tindakan operasi besar dengan tingkat kesuksesan tinggi dan biaya operasi ganti bonggol pinggul yang efektif. Namun, di balik kesuksesan prosedur penanganan nyeri panggul ini ada beberapa risiko yang harus di perhatikan pasien ketika melakukan prosedur ganti sendi panggul.

Risiko dan Biaya Operasi Ganti Bonggol Pinggul yang Perlu Di Pertimbangkan Pasien

Risiko Tindakan Operasi Ganti Sendi Panggul

Operasi penggantian sendi panggul di mana ahli bedah mengganti bagian pinggul pasien yang sakit atau rusak dengan implan memang memiliki tingkat keberhasilan tinggi. Tapi, seperti prosedur operasi lainnya, operasi ganti bonggol pinggul tetap memiliki risiko. Risiko-risiko di bawah ini sebenarnya jarang muncul pada pelaksanaan prosedur operasi menggunakan teknologi modern, tapi tetap hubungi dokter Anda bila muncul setelah pelaksanaan operasi.

  • Kulit kemerahan dan terasa perih.

Kulit di sekitar pinggul yang mengeras, kemerahan atau terasa nyeri kerap terjadi selama beberapa minggu pertama setelah operasi. Gejala yang ringan sebenarnya biasa muncul setelah operasi. Tapi, pada tahap keparahan tertentu bisa menjadi gejala adanya penyumbatan aliran darah di kaki. Sehingga segera hubungi dokter Anda bila gejala seperti ini terjadi pasca operasi bonggol pinggul.

  • Sendi yang terasa longgar.

Kasus sendi yang terasa longgar terjadi sekitar 5 dari 100 tindakan penggantian tulang pinggul. Hal ini kerap memicu rasa nyeri dan sendi terasa tidak stabil. Biasanya sendi yang terasa longgar di sebabkan karena implan mengendur tempurung sendi akibat penipisan tulang di sekitar implan. Kasus seperti ini biasanya terjadi setelah 10 sampai 15 tahun setelah operasi penggantian bonggol pinggul di lakukan.

  • Perubahan panjang kaki.

Pada kasus tertentu kaki yang mengalami tindakan operasi akan lebih pendek atau lebih panjang daripada kaki sebelahnya. Beberapa pasien bisa langsung beradaptasi dengan perubahan ini. Tapi ada juga pasien yang butuh beberapa lama agar bisa beraktivitas dengan nyaman. Tak sedikit pula pasien yang menggunakan sepatu tinggi untuk mengurangi selisih panjang kaki.

Tindakan Operasi Ganti Bonggol Pinggul oleh Dokter Profesional dan Teknologi Modern Mengurangi Risiko

Pelaksanaan tindakan operasi penggantian sendi panggul oleh dokter ahli bedah ortopedi berpengalaman menggunakan teknologi terbaru akan mengurangi terjadinya risiko-risiko di atas. Selain itu, tindakan operasi bonggol pinggul sesuai prosedur yang benar akan meningkatkan daya tahan implan yang terpasang di pinggul pasien.

Idealnya hasil prosedur ganti bonggol pinggul bisa bertahan selama 15 sampai 20 tahun lebih. Tapi, ada beberapa kasus yang membutuhkan pasien untuk menjalani operasi lanjutan. Setidaknya sekitar 7 dari 100 kasus tindakan operasi penggantian bonggol pinggul membutuhkan tindakan lanjutan setelah 13 tahun. Tapi, kasus seperti ini tergantung pada tipe implan yang di pakai dan teknik operasi penggantian bonggol pinggul.

Dengan biaya operasi ganti bonggol pinggul yang standar sebenarnya sudah mencukupi bagi pasien untuk hidup normal seperti sebelumnya. Di tambah lagi dengan pemilihan teknik operasi yang minim kegagalan membuat usia implan bisa bertahan lebih lama. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menghubungi dokter.my bila membutuhkan konsultasi lanjutan pasca operasi maupun sebelum operasi.